Kamis, 24 April 2014

4.3.contoh RPP 1


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran           
Satuan Pendidikan
:
Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
Semester I
Topik
:
Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik
:
Sistem Organ dan Organisme
Alokasi  Waktu
:
3 X  40 menit ( 1 kali tatap muka)
A.     KOMPETENSI DASAR
1.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4             Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel
sampai organisme, serta komposisi  utama penyusun sel
4.5  Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.6  Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan
Hewan

B.      INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi  perangkat alat percobaan pengamatan mikroorganisme yang ada disekitar lingkungan selokan air di sekolah  
2.      Menjelaskan  pengertian sistem organ dan organisme
3.      Mengidentifikasi organ –organ penyusun berbagai sistem organ
4.      Mengidentifikasi sistem organ penyusun organisme
5.      Menjelaskan fungsi dari berbagai sistem organ pada manusia
6.      Terampil melakukan    pengamatan mikroorganisme melalui mikroskop  
7.      Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengamatan mikroorganisme
8.      Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai  dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9.      Menjaga kehidupan dalam ekosistem dari bahan kimia berbahaya  dengan melakukan pemisahan limbah sebelum membuang ke lingkungan.
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui pengamatan dengan mikroskop, siswa dapat mengidentifikasi beberapa mikrorganisme yang ada disekitar lingkungan selokan air di sekolah
2.      Siswa dapat menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
3.      Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem organ pada manusia.
4.      Menyebutkan sistem organ penyusun tubuh manusia
5.      Menjelaskan fungsi dari berbagai sistem organ pada manusia
6.      Siswa memiliki keterampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek sel.
7.      Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
8.      Siswa dapat  menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari  setelah mengikuti pembelajaran



D.     MATERI
1.      Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antar organ untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ-organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama lain. Tanpa ada kerja sama denganText Box:   organ lain proses dalam tubuh tidak akan terjadi. Untuk lebih detilnya, dapat dilihat pada tabel berikut.







2.      Tabel 4.1. Bagian-bagian Sistem Organ,Organ penyusun dan Fungsinya
No
Sistem
Gambar
Organ
Fungsi
1
Sistem Pencernaan
FastStoneEditor Sistem Pencernaan (3) : Organ organ pencernaan manusiaGambar 4.14 Sistem Pencernaan
Mulut (lidah,
gigi), faring,
esofagus,
lambung, usus
halus, usus besar,
hati, rektum,
pankreas, dan
anus
Mencerna makanan,
mengabsorbsi
molekul-molekul zat
makanan yang sudah
disederhanakan
2
Sistem
Pernapasan
humrespsys_1

Gambar 4.15 Sistem Pernapasan
Hidung, faring,
epiglotis, laring,
trakea, bronkus,
paru-paru,
diafragma
Pertukaran gas
(oksigen dan karbon
dioksida)
3.
Sistem Gerak
(rangka)

FastStoneEditor Sistem gerak pada manusia (1) : Tulang
Gambar 4.16 Sistem Gerak




Tulang
Menyokong dan
melindungi organ
dalam

4
(Otot)
Gambar 4.17 Otot
Otot
Menggerakkan
tulang
Gambar 4.17 Otot
5



Sistem
Transportasi/
sirkulasi/
peredaran
darah




FastStoneEditor Sistem Transportasi (6) : Alat peredaran darah manusia
Gambar 4.18 Sistem Transportasi


Jantung, arteri, vena, kapiler,
Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta
 melindungi tubuh dari penyakit
6
Sistem Ekskresi
Gambar 4.19 Sistem ekskresi



Paru-paru, ginjal,
kulit, dan hati
Mengeluarkan
sisa metabolisme
dari dalam tubuh
dan menjaga
keseimbangan
sel dengan
lingkungannya
7
Sistem
Reproduksi
Gambar 4.20 Sistem Reproduksi
Testis, ovarium
Perkembang-biakan

3.      Organisme
a.      Mikroorganisme
  allcell
b.      Makroorganisme


E.      PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
  1. Pendekatan     :  Scientific
  2. Metode           :  Diskusi dan  Eksperimen
  3. Model               :  Discovery Learning
F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.        Media
Charta , Komputer, LCD
2.        Alat dan Bahan 
No.
Jenis
Jumlah
1.
Mikroskop
7  set
2.
Gelas objek dan kaca penutup
14 set
3.
Gelas kimia
7 set
4.
Pipet
7 set
5.
Sampel: Air selokan/sawah  (secukupnya)
-           





3.         Sumber Belajar
a)      Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)    Lembar Kerja Praktikum
c)   Buku sumber yang relevan
d)      Media Elektronik

G.     Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 3 JP)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahulu-an
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
Pemusatan perhatian :
-  Guru memperlihatkan berbagai torso dan/atau carta sitem organ misalnya: Sistem Pencernaan, Sistem pernafasan, Sistem gerak, Sistem otot,  Sistem transpotasi, Sistem ekskresi, Sistem reproduksi, kemudian     guru mengajukan pertanyaan motivasi belajar

-       Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari Sistem organ dan organisme

10    menit
Kegiatan Inti
Pembahasan

Mengamati:




Menanya:





Eksperimen/ eksplorasi:










Mengasosiasi:








Mengomuni-kasikan:




·        Mengamati berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar sekolah.
·        Mengamati torso dan/atau carta berbagai sistem organ manusia.


·        Menanyakan  tentang bagian-bagian organ pada sistem organ, dan bagian-bagian sistem organ pada organisme.
·        (Mengispirasi siswa agar aktif mengajukan pertanyaan)

·        Mendiskusikan tentang struktur penyusun sistem organ dan organisme dengan mengisi tabel yang telah disiapkan.
·        Melakukan praktikum, dengan menggunakan mikroskop mengamati air selukan/sawah dari sekitar sekolah untuk melihat berbagai mikroorganisme.
·        Mengeksplorasi bagian-bagian  penyusun sistem organ dan penyusun tubuh organisme.

·        Melengkapi gambar dengan menuliskan nama  bagian-bagian serta fungsinya.  Fungsi organ dapat diketahui melalui studi literatur dari berbagai sumber.
·        Menggambar hasil pengamatan  air selokan /air sawah.


·        Membuat laporan hasil percobaan
·        Mempresentasikan  tentang sistem organisasi kehidupan

90 menit
Penutup

-          Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran  
-          Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-          Siswa menjawab kuis tentang prinsip pemisahan campuran
-          Pemberian pesan moral untuk tetap memelihara/ menjaga kebersihan lingkungan agar hidup sehat, karena lingkungan kotor merupakan sarang mikroorganisme sebagai sumber berbagai penyakit.
20


H.     PENILAIAN
1.    Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes penilaian kinerja metode filtrasi  
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan Ganda HOT

            Mengetahui,                                                               Jakarta, 2 Juli 2013
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran


(                           )                                                       (Sahat T.Simorangkir,M.Pd.) 

Lampiran-lampiran     
1.       Lembar Pengamatan Kegiatan Praktikum
Nama:……………
Kelas:………………..
Judul Praktikum: …………………..
NO
ASPEK KINERJA YANG DIHARAPKAN
PENILAIAN
KETERANGAN
A
PERSIAPAN
YA
TIDAK

1.    Menggunakan jas laboratorium




2.    Membawa alat dan bahan praktikum




3.    Membersihkan alat-alat yang akan digunakan




4.    Mengecek kesiapan alat dan bahan




5.    Membaca prosedur kerja



B
 SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM




A.      Menggunakan Alat dan Bahan




1.    Mengambil bahan tidak berceceran




2.    Mengambil bahan sesuai kebutuhan




3.    Mengoperasikan alat dengan benar




4.    Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur




B.      Sikap




1.     Fokus pada kegiatan praktikum




2.     Aktif dalam melakukan praktikum




3.     Bekerja sama dalam kelompok



III
KEGIATAN AKHIR  PRAKTIKUM




1.       Membersihan alat dengan baik




2.       Membersihkan meja praktikum




3.       Mengembalikan alat ke tempat semula 




2.       Lembar pengamatan kegiatan penggunaan Mikroskop
No
Aspek keterampilan
Jawaban
5
4
3
2
1

Persiapan






1
Membawa mikroskop





2
Meletakkan mikroskop di meja






Pelaksanaan






3
Mengatur cahaya





4
Mengatur posisi/kemiringan meja kerja





5
Menggunakan lensa/memutar revolver





6
Mengatur tubus/jarak kerja





7
Mengamati preparat





8
Menggambar






Penyelesaian






9
Membersihkan mikroskop setelah digunakan





10
Menyimpan mikroskop





Berilah tanda centang di bawah kolom skor:
5, jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat tepat
4, jika siswa melakukan aspek keterampilan tepat
3, jika siswa melakukan aspek keterampilan agak tepat
2, jika siswa melakukan aspek keterampilan kurang tepat
1, jika siswa melakukan aspek keterampilan tidak tepat

3.       Lembar pengamatan ranah afektif atau aspek merespon siswa  pada kegiatan diskusi kelompok


No


Nama Siswa
Apek Yang Diniai
Mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan
Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
Menanggapi gagasan dengan sikap yang santun
Memberikan solusi
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
1











2











3











….




































4.       lembar  Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatiandalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar