Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Satuan
Pendidikan
|
:
|
Sekolah
Menegah Pertama
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Kelas/Semester
|
:
|
Semester
I
|
Topik
|
:
|
Sistem Organisasi Kehidupan
|
Sub Topik
|
:
|
Sistem Organ dan Organisme
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3
X 40 menit ( 1 kali tatap muka)
|

A.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4 Mendeskripsikan keragaman
pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel
sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
4.5
Membuat dan menyajikan
poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.6
Melakukan pengamatan
dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan
Hewan
B. INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
perangkat alat percobaan pengamatan mikroorganisme yang ada disekitar lingkungan selokan air di
sekolah
2.
Menjelaskan pengertian sistem organ dan organisme
3.
Mengidentifikasi organ
–organ penyusun berbagai sistem organ
4.
Mengidentifikasi sistem
organ penyusun organisme
5.
Menjelaskan fungsi dari
berbagai sistem organ pada manusia
6.
Terampil melakukan pengamatan mikroorganisme melalui mikroskop
7.
Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli
lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengamatan mikroorganisme
8.
Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling
menghargai dalam kegiatan belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9. Menjaga kehidupan dalam
ekosistem dari bahan
kimia berbahaya dengan melakukan
pemisahan limbah sebelum membuang ke lingkungan.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui
pengamatan dengan mikroskop, siswa
dapat mengidentifikasi beberapa mikrorganisme yang ada disekitar lingkungan selokan air di
sekolah
2.
Siswa dapat menjelaskan konsep sistem organ dan
organisme.
3.
Mengidentifikasi organ-organ
penyusun sistem organ pada manusia.
4.
Menyebutkan sistem organ
penyusun tubuh manusia
5.
Menjelaskan fungsi dari
berbagai sistem organ pada manusia
6.
Siswa memiliki keterampilan
berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek
sel.
7.
Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti,
jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan
praktikum dan diskusi kelompok
8.
Siswa dapat
menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari setelah mengikuti pembelajaran
D.
MATERI
1. Sistem
organ merupakan bentuk kerja sama antar organ
untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan
organ-organ saling bergantung dan
saling mempengaruhi satu sama lain. Tanpa ada kerja sama dengan
organ lain
proses dalam tubuh tidak akan terjadi. Untuk lebih detilnya, dapat
dilihat pada tabel berikut.

2.
Tabel 4.1. Bagian-bagian Sistem Organ,Organ penyusun dan Fungsinya
No
|
Sistem
|
Gambar
|
Organ
|
Fungsi
|
1
|
Sistem Pencernaan
|
![]() |
Mulut (lidah,
gigi), faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rektum, pankreas, dan anus |
Mencerna makanan,
mengabsorbsi molekul-molekul zat makanan yang sudah disederhanakan |
2
|
Sistem
Pernapasan |
![]()
Gambar 4.15 Sistem Pernapasan
|
Hidung, faring,
epiglotis, laring, trakea, bronkus, paru-paru, diafragma |
Pertukaran gas
(oksigen dan karbon dioksida) |
3.
|
Sistem Gerak
(rangka) |
![]()
Gambar 4.16 Sistem Gerak
|
Tulang
|
Menyokong dan
melindungi organ dalam |
4
|
(Otot)
|
Gambar 4.17 Otot
|
Otot
|
Menggerakkan
tulang
Gambar 4.17 Otot
|
5
|
Sistem
Transportasi/ sirkulasi/ peredaran darah |
![]()
Gambar 4.18 Sistem Transportasi
|
Jantung, arteri, vena, kapiler,
|
Mengangkut oksigen dan sari makanan ke
seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna
keluar dari sel tubuh, serta
melindungi tubuh dari penyakit
|
6
|
Sistem Ekskresi
|
![]()
Gambar 4.19 Sistem ekskresi
|
Paru-paru, ginjal,
kulit, dan hati |
Mengeluarkan
sisa metabolisme dari dalam tubuh
dan menjaga
keseimbangan sel dengan lingkungannya |
7
|
Sistem
Reproduksi |
Gambar 4.20 Sistem Reproduksi
|
Testis, ovarium
|
Perkembang-biakan
|
3. Organisme
a.
Mikroorganisme


b.
Makroorganisme

E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
- Pendekatan : Scientific
- Metode : Diskusi dan Eksperimen
- Model : Discovery Learning
F.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Media
Charta , Komputer, LCD
2.
Alat
dan Bahan
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
Mikroskop
|
7
set
|
2.
|
Gelas
objek dan kaca penutup
|
14 set
|
3.
|
Gelas
kimia
|
7 set
|
4.
|
Pipet
|
7
set
|
5.
|
Sampel:
Air selokan/sawah (secukupnya)
|
-
|
|
|
|
3.
Sumber Belajar
a)
Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b) Lembar Kerja Praktikum
c) Buku sumber yang relevan
d)
Media Elektronik
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama ( 3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahulu-an
|
Menciptakan
Situasi (Stimulasi)
|
Pemusatan perhatian :
- Guru memperlihatkan berbagai torso dan/atau carta sitem organ misalnya: Sistem
Pencernaan, Sistem pernafasan, Sistem gerak, Sistem otot, Sistem transpotasi, Sistem ekskresi, Sistem
reproduksi, kemudian guru mengajukan pertanyaan motivasi belajar
-
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari Sistem organ dan organisme
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Mengamati:
Menanya:
Eksperimen/ eksplorasi:
Mengasosiasi:
Mengomuni-kasikan:
|
·
Mengamati berbagai
jenis hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar sekolah.
·
Mengamati torso dan/atau carta berbagai sistem organ
manusia.
·
Menanyakan tentang bagian-bagian organ pada sistem
organ, dan bagian-bagian sistem organ pada organisme.
·
(Mengispirasi siswa agar aktif mengajukan
pertanyaan)
·
Mendiskusikan tentang
struktur penyusun sistem organ dan
organisme dengan mengisi tabel yang telah disiapkan.
·
Melakukan
praktikum, dengan menggunakan
mikroskop mengamati
air selukan/sawah dari sekitar
sekolah untuk melihat berbagai mikroorganisme.
·
Mengeksplorasi
bagian-bagian penyusun sistem
organ dan penyusun tubuh organisme.
·
Melengkapi gambar
dengan menuliskan nama bagian-bagian serta fungsinya. Fungsi organ dapat diketahui melalui studi
literatur dari berbagai sumber.
·
Menggambar
hasil pengamatan air
selokan /air sawah.
·
Membuat laporan hasil
percobaan
·
Mempresentasikan tentang sistem organisasi kehidupan
|
90 menit
|
Penutup
|
|
-
Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-
Siswa
menjawab kuis tentang prinsip pemisahan campuran
-
Pemberian
pesan moral untuk tetap memelihara/ menjaga kebersihan
lingkungan agar hidup sehat, karena lingkungan kotor merupakan sarang
mikroorganisme sebagai sumber berbagai penyakit.
|
20
|
H.
PENILAIAN
1.
Metode
dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap
dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes penilaian kinerja
metode filtrasi
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
Ganda HOT
|
Mengetahui, Jakarta,
2 Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
( ) (Sahat
T.Simorangkir,M.Pd.)
Lampiran-lampiran
1.
Lembar Pengamatan Kegiatan Praktikum
Nama:……………
Kelas:………………..
Judul Praktikum: …………………..
NO
|
ASPEK KINERJA YANG DIHARAPKAN
|
PENILAIAN
|
KETERANGAN
|
|
A
|
PERSIAPAN
|
YA
|
TIDAK
|
|
|
1.
Menggunakan jas laboratorium
|
|
|
|
|
2.
Membawa alat dan bahan praktikum
|
|
|
|
|
3.
Membersihkan alat-alat yang akan digunakan
|
|
|
|
|
4. Mengecek
kesiapan alat dan bahan
|
|
|
|
|
5. Membaca prosedur
kerja
|
|
|
|
B
|
SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
A.
Menggunakan Alat
dan Bahan
|
|
|
|
|
1. Mengambil bahan
tidak berceceran
|
|
|
|
|
2. Mengambil bahan
sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
3. Mengoperasikan
alat dengan benar
|
|
|
|
|
4. Menggunakan alat
dan bahan sesuai prosedur
|
|
|
|
|
B.
Sikap
|
|
|
|
|
1. Fokus pada
kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
2. Aktif dalam
melakukan praktikum
|
|
|
|
|
3. Bekerja sama
dalam kelompok
|
|
|
|
III
|
KEGIATAN AKHIR
PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
1. Membersihan alat
dengan baik
|
|
|
|
|
2. Membersihkan
meja praktikum
|
|
|
|
|
3. Mengembalikan
alat ke tempat semula
|
|
|
|
2.
Lembar
pengamatan kegiatan penggunaan Mikroskop
Berilah tanda centang di bawah kolom skor:
5, jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat
tepat
4, jika siswa melakukan aspek keterampilan tepat
3, jika siswa melakukan aspek keterampilan agak
tepat
2, jika siswa melakukan aspek keterampilan kurang
tepat
1, jika siswa melakukan aspek keterampilan tidak
tepat
|
3.
Lembar pengamatan ranah afektif atau aspek merespon siswa pada kegiatan diskusi kelompok
No
|
Nama
Siswa
|
Apek Yang Diniai
|
|||||||||
Mengajukan pertanyaan
|
Menjawab pertanyaan
|
Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
|
Menanggapi gagasan dengan sikap yang santun
|
Memberikan solusi
|
|||||||
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. lembar Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatiandalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan
dan tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar