Jumat, 25 April 2014

FORMAT RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan
:

Mata Pelajaran
:

Kelas/Semester
:

Topik
:

Sub Topik
:

Alokasi  Waktu
:

A.  KOMPETENSI INTI

B.       KOMPETENSI DASAR

C.     INDIKATOR

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN

E.     MATERI

                                                                                 
F.        PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN

1.      Pendekatan      :  Scientific
  1. Metode            : 
  2. Model            : 


G.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.        Media

2.        Alat dan Bahan 
No.
Jenis
Jumlah
1.



3.         Sumber Belajar
a)  Buku  …………….
b) LKS………………..

H.    Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan Pertama ( …..JP)
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
Pemusatan perhatian :
-    Guru mengingatkan materi sebelumnya tentang organ dengan memberikan beberapa pertanyaan seperti:


…..menit
Kegiatan Inti






…. menit
Penutup

-         Peserta didik  dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-         Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-         Peserta didik menjawab kuis tentang sistem organ dan organisme
-         Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
… menit



1.    Contoh Instrumen
a.        Lembar Pengamatan Sikap
1.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




3
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:   menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2:   menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:   tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2
 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:   tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:   berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:   tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
3
Berkomunikasi
3.      aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

b.        Instrumen  soal  Pengetahuan
Soal Uraian:
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar :
1.      ………….
2.      ………….
3.      ………….
Rubrik Penilaian Uraian
No
Uraian
Skor
1

………..
2

……….
3

……….
Total
100


………………,………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah …………..                                         Guru Mata Pelajaran




……………………………………                            ……………………………….



Contoh Lembar Kerja Siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar