Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan
Pendidikan
|
:
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
|
Topik
|
:
|
|
Sub Topik
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
|

A. KOMPETENSI INTI
B.
KOMPETENSI DASAR
C. INDIKATOR
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
E.
MATERI
F.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
- Metode :
- Model :
G.
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Media
2.
Alat dan Bahan
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
1.
|
|
|
3.
Sumber Belajar
a)
Buku …………….
b)
LKS………………..
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( …..JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
Pemusatan perhatian :
- Guru mengingatkan materi
sebelumnya tentang organ dengan memberikan beberapa pertanyaan seperti:
|
…..menit
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
…. menit
|
Penutup
|
|
-
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
-
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik
-
Peserta didik
menjawab kuis tentang sistem organ dan organisme
-
Guru memberitahukan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
|
… menit
|
1.
Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
1.
Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa
ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketekunan
dan tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
3
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif dalam dalam kegiatan
kelompok
2:
menunjukkan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
1:
tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:
berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
3
|
Berkomunikasi
|
3.
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan
atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
|
b.
Instrumen soal
Pengetahuan
Soal
Uraian:
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar :
1.
………….
2.
………….
3.
………….
Rubrik Penilaian
Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
|
………..
|
2
|
|
……….
|
3
|
|
……….
|
Total
|
100
|
………………,………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah ………….. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… ……………………………….
Contoh Lembar Kerja Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar